Wednesday, June 3, 2015

Pemanasan Global

Pemanasan Global
 Oleh: Aget Aviano
Pemanasan Global adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi Gas Rumah Kaca di atmosfer. Pemanasan Global akan diikuti dengan Perubahan Iklim, seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan, di belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.  
            Gas rumah kaca adalah senyawa gas apapun yang ada di atmosfer yang mampu menyerap radiasi inframerah atau panas. Gas rumah kaca yang utama adalah karbon dioksida, gas metana dan nitro oxide. Sumber – sumber gas rumah kaca adalah pembakaran batu bara, gas alami dan bensin. Pembakaran bensin paling utama adalah mobil, truk, motor dan lain-lain. Karena ada banyak sekali jumlah transportasi roda emat dan dua ini pelepasan gas rumah kaca semakin banyak ke atmosfer.

Tapi apa hubungan gas rumah kacadengan pemansan global? Panas matahari yang datang dari luar angkasa ke bumi seharusnya beberapa dipantulkan balik kembali ke angkasa. Tetapi karena ada gas rumah kaca di atmosfer panas yang seharusnya dipantulkan keluar angkasa tetap di tahan oleh gas rumah kaca di atmosfer bumi. Karen panas itu masih ada di atmosfer bumi temperature bumi pun naik.
            Efek-efek gas rumah kaca terhadap bumi sangat terlihat. Es di kutub utara dan selatan meleleh dengan cepat, ini jugatermasuk es dari pegunungan dan esa di lautan. Saat es meleleh ini meningkatkan tinggi air laut. Kenaikan air laut sangat berbahya bagi pulau-pulau kecil dan negara yang terletak dibawah permukaan laut.

            Karena polusi di udara semakn banyak udara kita semakin beracun. Di cina karena olusi udara sangat ekstrim banyak sekali gagal panen yang terjadi, ini mengakibatkan kerugian milyaran dolar. Bukan hanya pertanian yang terkena dampak pemansan global, ekosistem diseluruh dunia sedang merasai dampak dari peningkatan suhu permukaan bumi. Karena itu banyak sekali hewan atau tanmana yang terpengaruh dan harus mengubah pola hidup merek, dan bila satu anggota sebuah ekosistem terkena pengaruh pemansan global anggota-anggota lain juga akan merasakan dampaknya karena mereka semua terhubung.

Menurut badan perlindungan amerika serikat dunia telah melepaskan sekitar 30000 tetragrams (1tetragram = 1 juta ton) ke atmosfer bumi. Dari sini kita bisa lihat betapa buruknya kondisi dunia sekarang. Bila ini terus berlanjutan efek-efek pemanasan global akan lebih parah.

            Lalu bagaimana cara menghentikan atau mengurangi pemansan global? Ini adalah beberapa cara yang semua orang termasuk anda bisa lakukan untuk membuat bum yang lebih baik.
  • ·         Jangan menggunakan kendaraaan yang menggunakan bensin ke tempat yang dapat terjangkau dengan berjalan kaki. Lagipula berjalan kaki juga lebih sehat.
  • ·         Matikan perabot listrik bila tidak digunkan. Mengurangi konsumsi likstrik bisa mengurangi pembakaran batu bara pada pembangkit lsitrik.
  • ·         Tanam pohon, menanam pohon bisa mengurangi karbon dioksida yang terlepas ke atmosfer Karen phon menyerap karbon dioksida.
  • ·         Ajak kerbat dan teman teman dekat anda untuk melakukan kegiatan yang bisa membantu bumi, seperti mendaur ulang, melakukan penanaman pohon, mengganti lampu dangan lampu hemat energy dan lain lain.

No comments:

Post a Comment