Wednesday, June 3, 2015

Apa itu Eksposisi?

Apa itu eksposisi?

Esai eksposisi berusaha menjelaskan atau menunjukkan dengan hubungan sebab akibat, menjelaskan dengan contoh, membagi dan mengklasifikasikan  atau mendefinisikan. Eksposisi bukan hanaya ada dalam bentuk esai, didalam film biasanya di awal film akan ada adegan yang akan memberitahu penonton latar belakang film tersebut ini disebut adegan eksposisi. Di musik eksposisi bisa ditemukan  dibagian pertama sonata dimana akan diberitahu tema yang digunakan dalam komposisi lagu tersebut.



Ciri- ciri eksposisi

  • teks eksposisi sering kali memberitahu tentang informasi atau pengetahuan yang sering kali dilengkapi dengan fakta-fakta, pendapat para ahli dan contoh.
  • Teks eksposisi bertujuan untuk memberikan dan menjelaskan informasi dengan cara mengembangakan suatu gagasan dengan harapan para pembaca akan benar-benar mengerti dengan isinya
  • Isi dan rumusan teks eksposisi dibuat berdasarkan fakta-fakta yang tersedia dan benar
  • Teks eksposisi tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca tetapi teks eksposisi lebih berusaha untuk menguraikan dan menjelaskan informasi kepada pembaca
  • menggunakan bahasa yang baku
  • Bagian akhir dari teks eksposisi biasanya berisi tentang penegasan terhadap pendapat yang didukung dengan fakta-fakta contohnya berupa kesimpulan yang menegaskan bahwa isi dari teks itu penting.

PERBEDAAN ARGUMENTASI DAN EKSPOSISI

Argumentasi
Eksposisi
Mempengaruhi pembaca sehingga pembaca menyetujui bahwa pendapat dan keyakinan kita benar.
Menjelaskan dan menerangkan sehingga pembaca memperoleh informasi sejelas-jelasnya.
Contoh digunakan utk membuktikan bahwa bahwa sesuatu yg kita kemukakan itu benar.
Contoh digunakan utk menjelaskan sesuatu yang kita kemukakan
Penutup berupa kesimpulan atas sesuatu yg telah diuraikan sebelumnya
Penutup menegaskan lagi dari sesuatu yng telah diuraikan sebelumnya
Pendahuluan atau pembuka berisi latar belakang dan sejarah persoalan, sistematika yg digunakan, pengertian persoalan, serta tujuan argumentasi.
Pendahuluan memperkenalkan topik dan tujuan yang akan dijelaskan
Didominasi dgn opini / pendapat yng disertai contoh
Didominasi dgn fakta2 dan contoh

Di dalam blog ini anda bisa menemukan berbagai esai atau teks eksposisi. Kami harap adna senang dengan blog kami. Selamat membaca.
Abi,Aget, Dinda dan Ragil 



No comments:

Post a Comment