Wednesday, June 3, 2015

catur

Catur:

Sejarah catur:
Asal-usul catur tidak terlalu diketahui, tetapi sebagian besar orang percaya catur berevolusi dari pemainan seperti catur dari India dari 2000 tahun yang lalu dan permainan catur yang kita ketahui sekarang sudah ada sejak abad 15 dimana saat itu sangat popular di eropa.

Tujuan permainan:

Catur adalah permainan yang dimainkan antara dua lawan dari sisi yang berlawanan dari papan yang total berisi 64 kotak hitam dan putih setipa pemain memiliki 16 bidak yang terdiri dari: 1 raja, 1 ratu, 2 benteng, 2 uskup, 2 kuda/ksatria dan 8 pion. Tujuan dari permainan ini untuk menangkap/mensekak raja lainnya. Pemainan selesai ketika salah satu raja dalam posisi mau diambil atau tidak bisa bergerak




Memulai permainan:

            pada awal permainan catur bida-bidak catur di letakan di atas papan catur seperti gambar diatas. Bidak catur tersebut kemudian diatur dengan cara yang sama setiap kali. Baris kedua (atau peringkat) diisi dengan bidak. benteng pergi di sudut-sudut, maka ksatria samping mereka, diikuti oleh para uskup, dan akhirnya ratu, yang selalu terjadi di warna yang senada sendiri (ratu putih pada putih, ratuhitam pada hitam), dan raja di sisa persegi.
Didalam permainan catur yang mulai pertama adalh bidak putih.

Bagaimana bidak bergerak

Raja:
Raja adlah bagian paling terpenting tetapi raja juga adalah bidak paling terlemah. Raja hanya bisa maju 1 kotak tetapi ke segala arah: maju, mundur, ke kanan, ke kiri dan diagonal.

Ratu:
Ratu adalah bidak plaing terpenting kedua dan paling kuat, dia bisa bergerak kesuluruh arah seperti raja dan menyusuri semua kotak. Tetapi jika ratu tertangkap kemungkinan besar pemain akan kalah jadi disarankan jangan cepat cepat megeluarkan ratu.

Benteng:
Benteng bergerak seperti ratu meyusuri semua kotak tetapi dia hanya bergerak maju, mundur, ke kanan dan ke kiri.

Kuda:
Kuda bergerak berbeda dengan bidak yang lain kuda bergerak dua kotak dan satu kotak lagi 90 derajat atau bergerak seperti bentuk huruf L dan kuda satu satunya bidak yang bisa bergerak melalui bidak lain.

Uskup:
Uskup hanya mempunyai satu gerkan yaitu bergerak secara diagonal atau lebih gampang bergerak seperti bentuk huruf V.

Pion:
Pion mempunyai tiga gerakann gerkan pertama hanya bisa dilakukan sekali yaitu saat memulai permainan, Pemain bisa memilih memajukan pion dua kotak kedepan atau satu kotak kedepan, yang kedua adalah setelah permainan dimulai dan pion bergerak dari posisi awal dia hanya bisa bergerak satu kotak sepanjang permainan dan gerakan terakhir pion hanya bisa menangkap musuh jika pada posisi diagonal dan hanya beda satu kotak.


Pion mungkin bidak paling lemah tetapi dia akan berubah menjadi ratu, benteng, kuda, uskup jika bisa ke ujung papan lawan.

No comments:

Post a Comment