Wednesday, June 3, 2015

Berenang

Renang adalah olahraga yang mengutamakan kecepatan, mau jarak jauh ataupun dekat. Perenang yang dapat menyelesaikan jarak lintasan tercepat adalah pemenangnya karena berenang adalah olahraga yang mengukur waktu.

Untuk olahraga, ada empat gaya yang dilombakan dalam pertandingan.
  • Gaya Dada
Gaya dada adalah gaya berenang yang posisinya mirip dengan katak yang sedang berenang. Posisi yang dilakukan pada gaya tersebut adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan batang tubuh selalu dalam keadaan tetap. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.


  • Gaya Bebas
Gaya Bebas adalah gaya berenang yang bisa membuat orang berenang lebih cepat dibanding gaya yang lain. Renang gaya bebas tidak diatur oleh Federasi Renang Internasional (FINA) sepertil ketiga gaya berenang lainnya. Posisi yang dilakukan pada gaya tersebut adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan kedua belah tangan secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping.

  • Gaya Punggung
Gaya punggung adalah gaya berenang yang posisinya tidak menghadap permukaan air tetapi posisinya terlentang. Orang mudah mengambil napas tetapi, tidak bisa melihat kedepan. Dalam perlombaan berenang, perenang gaya punggung melakukan start dari dalam air. Posisi yang dilakukan pada gaya tersebut adalah posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan kaki dan tangan serupa dengan gaya bebas, tapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.

  • Gaya Kupu-kupu
Gaya kupu-kupu adalah gaya berenang yang paling sulit untuk dipelajari dan juga yang paling baru. Posisi yang dilakukan pada gaya tersebut adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.



Selain dilakukan sebagai olahraga, ada banyak penyakit yang dapat disembuhkan lewat kegiatan renang. Renang tidak perlu dilakukan secara cepat dan tidak ditandingkan, hanya dengan mengapung diatas air sudah dapat memberikan efek baik ke dalam tubuh manusia. Terbukti karena renang dapat menyembuhkan asma. Berenang dapat membuat paru-paru lebih rileks dan tidak adanya tekanan dalam bernafas. Menurut survey, banyak dokter untuk berenang bagi penderita asma. Selain menyembuhkan asma, renang juga dapat dilakukan untuk penyakit kronik pada leher, punggung dan lutut dan juga penyakit osteoporosis dan osteoarthritis. Stamina juga dapat ditingkatkan dan berat badan dapat turun dalam melakukan aktivitas renang.

Berenang dapat dilakukan sebagai kegiatan rekreasi. Gaya dada adalah gaya yang paling populer sewaktu orang melakukan rekreasi. Kepala bisa berada di atas air dalam waktu yang lama. Orang yang sedang belajar berenang biasanya memulai dari mempelajari gaya dada. Selain itu, manusia berenang di laut, sungai dan di danau sebagai bentuk rekreasi. Mereka dapat bermain di air ataupun hanya merilekskan badan.

3 comments: